Senin, 26 Juli 2010

Cara Memakai Oven Besar dengan Api Atas dan Bawah

Sudah hampir satu bulan sejak Oven Ijo diperbaiki..akhirnya si Oven di"launch juga buat bikin Kue Kering Lebaran.Sengaja nunggu hubby pulang dari Medan...ngga mau ambil resiko sendirian kalau si Oven macem-macem.Akhirnya Regulator gas dipasang eng..ing eng...mula-mula terdengar desis seperti bunyi aliran Gas keluar dari Tabung menuju Oven...sempat kuatir juga...tapi setelah agak lama bunyi tetap kedengeran ..coba cium bau gas ngga? ternyata tidak ada sama sekali bau gasnya...Alhamdulillah.

 source foto : Indonetwork


Karena ini  Oven Gas pemberian saudara dan baru pertama kali menggunakan oven sejenis ini,perlu penyesuaian buat "menggaulinya"...berikut langkah-langkah menggunakan Oven besar dengan selang cabang api atas bawah.

1.Sebelum menyalakan api, pastikan pintu Oven terbuka atas bawah, sehingga ketika kran gas dibuka tidak ada gas tidak terperangkap didalam Oven.Yang akibatnya bisa menyambar ke tubuh kita.

2.Gunakan pematik api yang panjang untuk menyalakan Oven Gas Anda. Untuk Api atas buka Kran atas, untuk api bawah buka Kran bawah lakukan satu persatu...dan jangan lupa buka pintu Ovennya ya..

3. Untuk menyalakan api bawah Anda cukup menyalakan api disalah satu bagian sumbu.,( bentuknya mirip pipa) sedangkan untuk api atas nyalakan api dibanyak titik sumbu hingga api merata.

4.Jika Oven Anda baru atau baru di servis/cat ulang, panaskan Oven kurang lebih 30 menit untuk menghilangkan bau cat yang menempel di badan Oven.

5.Jika Oven Anda sudah menggunakan temperatur yang menempel di Body selalu perhatikan suhu Oven sampai Derajat yang diinginkan.Jika belum, lengkapi dengan Temperatur Oven yang digantung didalam Rak Oven

6.Jangan kaget dalam pemanasan Oven pertama kali akan tercium bau cat,( jika Oven Anda baru )...jika sudah agak lama bau cat akan hilang dan berganti dengan bau semerbak makanan yang Anda panggang.

7.Untuk temperatur tidak serta merta Anda lepas tangan dan menyerahkan semua pererjaan begitu saja kepada si Temperatur. Anda harus terus mengecek suhu Temperatur Oven Anda sampai suhu yang diinginkan.Caranya, kecilkan api jika suhu sudah melebihi suhu yang kita inginkan.Besarkan api jika suhu pada temperatur turun. Disini peran Anda diuji....Ini berdasarkan pengalaman aku ya...Beda banget dengan kalau kita menggunakan Oven di standing Cooker yang tidak perlu kita kecil-besarkan, karena suhu si Oven cendrung stabil.

8.Satu lagi, mengenai suhu ini akan muncul kalau kita sudah memanggang sampai ke 3 kalinya...disini Oven sudah berada pada suhu yang panasnya lebih.Jadi ingat ya untuk selalu check and Re-check ya...

9.Setelah selesai memanggang kue, matikan keran dan biarkan Oven mendingin.J angan kaget melihat Temperatur yang akan mencapai titik maksimal, karena setelah dingin Temperatur akan kembali normal.

10.Oh ya. Temperatur Oven biasanya dibuat atas dasar suhu Farenheit. Buat yang belum tahu Konversinya Farenheit ke Celcius ini ukurannya:
100 F =   50 C
200 F = 100 C
300 F = 150 C
350 F = 180 C
400 F = 200 C
450 F = 230 C
500 F = 250 C


Udah tahu kan caranya...jangan takut laginya menggunakan Oven Tingkat? Selamat mencoba...

13 komentar:

  1. Wah blog yg bagus.ini nih yg dicari2 cara menyalakn oven gas dgn aman.btw itu merk dan tipe oven apa?kok mudah sekali hidupin api bawahny.

    BalasHapus
  2. Ovennya sama spt punya saya, saya br beli kmrn dan hari ini perdana saya gunakan utk manggang brownies orderan, biasanya yg sblmnya saya menggunakan otang utk pemanggangannya, tadi saya menunggu utk mencapai suhu 200 dercel lama sekali, krn penunjuk temperaturnya tidak naik smp angka 200, hampir 45 menit saya tunggu, angka hanya bertengger di suhu 110 dercel, lalu saya coba masukkan tangan dan menghitung dlm hati tidak sampai hitungan ke 20 saya sudah kepanasan, dan itu tandanya sudah di suhu 200 dercel (hasil gugling), saya mau tanya apakah penunjuk suhu memang tidak sampai menunjukkan ke suhu tertinggi yah

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas informasi nya. Sangat bermanfaat dan membantu sekali.
    Oxone

    BalasHapus
  4. Saya juga baru beli oven... yang mau saya tanyakan... apakah api bawah dan api atas itu berbeda ya? Harusnya panas dr api bawah kan lebih panas ya? Tpi ini api bawah kurang panas dibandingkan panas di api atas. Sehingga bolu cepat gosong...

    Benarkah seperti ini ya? Atau oven saya yg eror?

    BalasHapus
  5. Saya juga ada oven begini. Saya mau minta tolong dong bagi yg pengalamannya sama tolong berbagi pengalamannya. Saya pake oven ini untuk manggang Legit. Tp knapa ya kalo gunakan api atas pasti Legit saya bagian pinggirnya selalu gosong.kalo dengan api bawah hasil legitnya bagus. Gimana cara atasi api atas supaya Lapis Legit gak gosong pinggirnya . Terimakasih

    BalasHapus
  6. Saya juga ada oven begini. Saya mau minta tolong dong bagi yg pengalamannya sama tolong berbagi pengalamannya. Saya pake oven ini untuk manggang Legit. Tp knapa ya kalo gunakan api atas pasti Legit saya bagian pinggirnya selalu gosong.kalo dengan api bawah hasil legitnya bagus. Gimana cara atasi api atas supaya Lapis Legit gak gosong pinggirnya . Terimakasih

    BalasHapus
  7. Saya baru beli oven serupa.. Klo sistem panggang nya Au bain marie, pakai yg atas atau yg bawah.. Setau saya ,yg bawah khusus buat lapis legit.. Atas buat cake, kuker, bakery..
    Mohon pencerahan

    BalasHapus
  8. Saya baru beli oven serupa.. Klo sistem panggang nya Au bain marie, pakai yg atas atau yg bawah.. Setau saya ,yg bawah khusus buat lapis legit.. Atas buat cake, kuker, bakery..
    Mohon pencerahan

    BalasHapus
  9. Aku juga baru dapat hibahan oven serupa.. Tp kok saya takut ya makainya

    BalasHapus
  10. Maaf mau tanya, klo tuk manggang bolu, kuker sebaiknya pakai api yg mana, dan kue d taro d rak atas atau bawah. Mohon pencerahannya.. Terimakasih

    BalasHapus
  11. Asslam... Saya mau tanya bila kitapanggang bolu api bawah gosongnya di atas.. Napa ya..

    BalasHapus
  12. Bu ko api di open saya tidak keluar apa solusinya

    BalasHapus