Senin, 08 Februari 2010

Cara Membuat Roti Empuk dan Enak

Senang rasanya bisa buat roti yang mirip di toko-toko dengan resep andalan dari Ibu Fatmah Bahalwan thanks bu... dengan sedikit modifikasi...Semua suka...komentarnya, empuk, kayak bakery, mirip Sari Roti dll.Hanya penampilannya aja dibuat agak lain dan ringkas yaitu menggunakan Cup.Jadilah Cup Bread dengan aneka isi ada Coklat, Chesse, Strawbery,Blueberry, Sosis atau Kornet.
Ada beberapa Tips yang mau saya share ke temen2 berdasarkan pengalaman saya menbuat Roti-Roti ini...

1. Aduklah bahan2 kering terlebih dahulu hingga rata,kemudian baru masukkan telur setelah tercampur baru masukkan air jangan langsung, tapi bertahap sampai adonan menjadi kalis alias menyatu atau tidak lengket lagi.
2. Setelah adonan menyatu atau kalis baru masukkan mentega dan garam. Catatan: Jangan mencampur mentega dan garam bersamaan dengan bahan2 kering sebelum adonan kalis ya karena akan menyebabkan adonan tidak mengembang atau lamaaaa mengembangnya.
3.Kalau menggunakan mixer khusus Roti atau Mixer besar seperti Bosch atau Kitchen Aid proses keseluruhan hanya memakan 20 menit. Sedangkan jika menggunakan tenaga manual alias tangan, prosesnya bisa mencapai 30-40 menit sampai adonan dirasa kalis elastis.Bagaimana tanda adonan kalis elastis??? Adonan jika ditarik tidak putus atau jika kita mempulung adonan menggunakan tangan ,terasa ada ruang kopong ditengah adonan yang kita pulung.
4.Setelah kalis elastis, Tutup dan diamkan adonan roti hingga mengembang 2 x dari ukuran semula kira-kira 30 menit, tergantung cuaca pada saat kita membuat roti.
5.Kempeskan adonan yang sudah mengembang 2 x, timbang, isi dan bentuk adonan sesuka hati..
6.Diamkan kembali adonan roti yang sudah terbentuk, dan diamkan kembali kurang lebih  60 menit
7.Poles dengan kuning telur atau susu evaporated,beri topping dan siap panggang kurang  lebih  15 menit suhu 190 derajat Celcius.









Ada cerita menarik seputaran membuat Roti yang baru saja saya alami kemarin.Ceritanya saya lagi buat adonan Roti untuk pesanan salah seorang teman. Semua bahan sudah masuk dan mengikuti urutan dan aturan membuat roti.Ketika saya membersihkan sisa2 bahan, ternyata saya menemukan satu bungkus ragi yang masih untuh dengan pinggirannya di sobek kecil, tersadar seketika, ternyata saya belum memasukan ragi tsb ke adonan. Walaaaah bagaimana nih???? sedangkan adonan di mikser sudah mendekati kalis elastis...Saya nekat aja, saya tuang ragi tersebut keadonan dengan pikiran yang terjadi terjadilah...pikir saya, sayang kalau adonan yang sudah lengkap ini terbuat percuma.Setelah Adonan ini kalis saya diamkan, sambil harap2 cemas...ngembang ngga ya...ngembang ngga ya?
Sementara saya menyiapkan adonan baru untuk pesanan teman, dan ketika adonan saya dibentuk saya menengok adonan" gagal" tersebut...ternyata mengembang saudara-saudara...Akhirnya saya putuskan untuk membuat roti sobek. dan inilah penampilannya...Lumayan bagus dan empuk kan keliatannya...Jadilah adonan tidak jadi terbuang.Thanks God!


3 komentar: