Senin, 25 Januari 2010

Cara Mengocok Whipped Cream

Kebiasaan baru didapur adalah audit bahan2 kue yang masih tersisa dan mikir mau dibikin apa...Ternyata masih ada beberapa gram Dark Cooking Chocolate, bubuk Whipped Cream , dan Coklat bubuk...Akhirnya timbul pikiran untuk membuat Triple Chocolate Cake.
Pertama-tama, bikin sponge Chocolatenya dulu...setelah matang dan dingin baru bikin adonan Ganachenya.Ini pertama kali loh aku buat Ganache... caranya kocok bubuk Whipped Cream Bubuk dengan air es yang super dingin,kalau perlu mangkoknya dan kocokan Miksernya juga kudu dingin biar Whipped creamnya ngembang atau naik (Mba Widya Hidayat suggest ).
Sebelumnya cairkan DCC hingga cair dan dingin perbandingannya 1:2 ya...Kalau agak cair, boleh kok dinginnin sebentar di kulkas sampai enak buat dipoles.Kalau mau mantap diinepin semalaman terus sebelum dipakai, dikocok ulang sampai lembut.Kalau mau dalam bentuk cair atau Ganache Cair,Whipped Creamnya ngga usah dikocok ya...tapi di tim terus pake Whipped Cream yang cair jangan yang bubuk.
Karena Ganache yang saya buat hanya untuk polesan saja jadi ngga terlalu cair atau terlalu kental...sedang2 saja.Yang aneh dari dari acara poles2an kali ini adalah saya ngga pakai spatula yang biasa untuk poles kue tapi spatula yang untuk ngaduk adonan kue yang terbuat dari plastik dan karetnya tuh lentur banget...Ini spatula favorit saya karena lentur sekali...dengan "dia" ngga ada deh coklat masak , adonan kue yang tersisa di baskom semua masuk ke cetakan.Dasar ogah rugi hehehe...
Setelah Ganache selai, potong Cakes menjadi 2 bagian dan poles Cakes pertama dengan Ganache setelah itu tutup dengan lapisan kedua...baru tutup semua permukaan dengan adonan Ganache. Terakhir beri hiasan sesuka hati...




Triple Chocolate Cakes

1 komentar: