Jumat, 18 Februari 2011

Resep Kremes Ubi

Wuahhh...siang itu saya lagi nonton jelang siang Trans TV...eh ada peliputan industri rumahan pembuatan Kremes Ubi.Usaha yang dijalani oleh seorang ibu setengah tua, (saya lupa namanya)kurang lebih hampir 30 tahun...Di peliputan itu juga di perlihatkan cara pembuatannya. Keliatannya mudah, tapi penasaran dengan pada saat memasukkan irisan gula merah ke wajan berisi minyak panas yang menyebabkan gula lengket ke ubi yang sudah digoreng kering.
Cemilan ini memang termasuk cemilan jadul, dan udah mulai jarang dijual, kalau bukan kita sengaja pergi ke toko snack atau toko oleh-oleh.Jaman saya kecil sih dulu hampir semua warung kelontong atau warung rokok menjual cemilan ini. Sekarang udah digeser sama cemilan fabrikan yang penuh dengan bahan sintetis dan pengawet. Sekali-kali boleh cemilan ini disajikan dirumah, bahannya murah dan cara pembuatan gampang tidak sesulit seperti membayangkannya.


RESEP KREMES UBI
( 15 buah ukuran kecil )

Bahan:
500 gr Ubi Merah parut panjang tipis
150 gr Gula merah iris tipis
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Vanila bubuk
Minyak Goreng secukupnya

Cara Membuatnya:
1. Kupas ubi, kemudian cuci bersih, dan parut menggunakan parutan tipis memanjang,balurkan dengan garam dan vanila bubuk.
2. Panaskan minyak hingga panas dengan api sedang goreng sebagian Ubi hingga kering, kecilkan api   masukan sebagian gula yang sudah diiris aduk rata hingga ubi sedikit menggumpal.Lakukan berulang hingga adonan habis.
3. Angkat mengunakan saringan taruh di piring, siapkan cetakan kue talam isi 1/3 bagian dan sendok sebagai penekan .
4. Dinginkan, dan masukkan kedalam toples yang tertutup rapat.Siap disantap.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar