Minggu, 11 Maret 2012

Margarin dan Mentega?

Udah mahfuf kalau sebagian masyarakat Indonesia menyebutkan margarin itu mentega , ataua Blue Band itu Mentega.Padahal ada yang keliru, karena Blue Band atau Mentega yang dimaksud sebenarnya adalah Margarin.

Margarin dibuat dari minyak kelapa sawit. Sedangkan Mentega terbuat dari  lemak susu hewan .
Ciri dari margarin yang lain adalah teksturnya padat,warnanya lebih kuning,tidak mudah meleleh.Kegunaannya sebagai bahan tambahan untuk masakan untuk menumis, membuta saus dll.Sedangkan untuk membuat cake, aromanya kurang terasa, namun daya emulsinya (mengembangkan dan melembutkan cake)bagus.Sehingga menghasilkan tekstur cakenya menjadi bagus dan kokoh.Namun kurang optimal untuk kue kering, rasanya jadi lebih empuk.
Beberapa contoh merk Margarin yang banyak di pasaran, Blue Band, Simas, Filma,For Vita dll.


Margarin

Mentega atau Butter terbuat dari lemak susu yang diproses dengan bahan pendukung lainnya  seperti air,garam, dan susu.Ciri pada mentega adalah aromanya lebih tajam aroma susu dan gurih,warnya lebih pucat ketimbang margarin,dan lebih mudah meleleh ketimbang margarin.Mentega biasanya dijual dalam kemasan almunium dalam ukuran 200 gr atau kalengan , dibagian bahan makannan yang didinginkan di pasar swalayan.Mentega juga dibedakan menjadi 2 yang asin dan tidak.Penggunaan mentega asin biasanya untuk tumisan atau masak,sedangkan yang unsalted atau tidak asin digunakan untuk pembuatan Cake dan Cookies. Untuk Cake Mentega justru kurang maksimal karena daya emulsinya kurang ketimbang margarin, tapi dapat disiasati dengan penggunakan emulsifier (SP/TBM) pada adonan.atau dapat mengkombinasikan komposisi margarin dan mentega dengan perbandingan 1:1.Untuk penyimpanan Mentega tarus di lemari es untuk membuat mentega tidak gampang leleh dan ketika ingin menggunakan diamkan dulu dalam suhu ruang baru kemudian digunakan.
Beberapa Merk Mentega yang ada dipasaran, Anchor, Orchid,  Elle Vire, Lurpark,dan Wysman, dll





 Mentega 


Shortening atau Mentega Putih banyak dikembangkan dari minyak sawit. Caranya adalah dengan memisahkan stearin (bagian minyak sawit yang berbentuk padat) dengan olein (bagian minyak sawit yang cair).Olein selanjutnya diolah menjadi minyak goreng, sedangkan stearin ini diolah lebih lanjut menjadi shortening atau margarin. Namun demikian karena tekstur stearin masih lembek dan mudah meleleh pada suhu kamar, maka sering dilakukan reaksi hidrogenasi untuk membuat lemak tersebut lebih padat lagi. Mentega putih biasanya digunakan untuk pembuatan Buttercream atau Bakpau.

Korsvet atau lemak lipat atau Mentega Pastry adalah  bentuknya padat, dengan warna kuning muda hingga putih. Terbuat dari lemak hewani, dan digunakan untuk membuat adonan pastry (puff pastry, phylo, atau danish pastry), sehingga hasil setelah dipanggang tampak berlapis dan renyah.



Source : Tabloid Nova,blogs canoe, & makan Plus

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar