Rabu, 05 April 2017

Bahan Tambahan dalam Membuat Cake dan Roti

Ada bahan Kue dan Roti yang belum saya share di sini.Bahan ini penggunaannya tidak terlalu banyak tapi sangat penting untuk menunjang keberhasilan jadi atau tidaknya Kue dan Roti yan anda buat.Diantaranya adalah,

1.Ragi Instan / Yeast
Bahan ini digunakan untuk membuat adonan Roti , Donat dan Bakpau menjadi mengembang hanya
dapat digunakan untuk adonan roti, bukan cake atau kue kering dijual dengan merk dagang Fermipan 

2. Baking Powder
Baking Powder merupakan bahan pengembang Baking Powder berfungsi untuk mengembangkan kue dan cake . Baking Powder terdiri dari atas dua jenis yaitu Single Acting Powder dan Double acting Powder
Single Acting Baking Powder diaktifkan  oleh cairan, jadi kamu harus segera memanggang /mengukus adonan segea setelah bahan bahan dicampurkan jika menggunakan jenis baking powder yang ini karena begitu bertemu dengan adonan akan langsungbereaksi membentuk gelembung gas.
Double Acting Baking Powder bereaksi dalam dua tahap dan dapat bertahan untuk beberapa saat menunggu adonan di panggang / dikukus. Jadi jika oven /kukusan anda terbatas tempatnya sementara kamu harus memanggang atau mengukus cake dalam jumlah banyak, maka gunakan double acting. Sehingga kue atau roti kamu tetap menembang dengan baik meski masih banyak natrian Loyang yang harus masuk ke oven.

3.Cream of  Tar Tar
Cream ini membantu mengeluarkan gas dalam adonan cake, agar lebih mengembang dan biasa digunakan untuk mengocok putih telur agar lebih kaku.

4.Soda Kue/ Baking Soda.
Merupakan komponn baking Powder, kandungannya adalah Sodium Bicarbonat.Sifat bahan ini mengeluarkan gas (CO2) sehingga kue akan mengembang.Untuk membuat Cake, penggunaannya biasanya besamaan dengan Baking Powder .Untuk Kue kering,Soda Kue memberikan efek tekstur kering,garing, dan renyah.Untuk membuat cake sebenarnya menggunakan baking powder saja sudah cukup.

5.Ovalet,TBM dan SP (Emulsifier)
Ovalet ,TBM dan SP merupakan merek dagang.Pada dasarnya memiliki fungsi yang sama,yaitu sebagai bahan pelembut atau emulsifier dalam membuat cake.  Fungsinya bisa saling menggantikan dalam adonan Cake. Namun,yang membedakan bahan pengelmusi ini terletak pada kualitasnya, karena diproduksi oleh perusahaan yang berbeda.Fungsinya sebagai emulsifier sehingga adonan menjadi lembut. Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam pembuatan cake, karena hasil pengocokan adonan bisa lebih stabil, sehingga hasilnya lebih maksimal.

6.Bread Improver
Bahan ini ditambahkan pada adonan untuk meningkatkan kualitas roti.Roti jadi lebih empuk, lebih lembab, seratnya lebih halus, fermentasi makin singkat dan memperpanjang daya tahan lama . Source FB Langsung Enak 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar