Sabtu, 03 Oktober 2015

Tentang Coklat

Dari segala jenis cakes ,cake coklat adalah yang paling banyak digemari dari usia muda sampai dewasa.Sebagai favorit banyak orang, tidak heran kalau cake coklat berkembang sedemikian rupa, bahkan banyak bakery yang memproklamirkan kalau produk mereka semua Coklat.Karena coklat mudah diaplikasikasikan dengan bahan lain hingga banyak muncul  varian Cake Coklat.
Coklat memang bukan bahan utama, sifatnya pelengkap.Kedati tidak dominan tapi peran coklat sangat penting untuk itu pemilihan jenis dan yang berkualitas sangatlah penting.

Jenis Cokelat:
1. Cokelat Bubuk, Banyak jenis merk cokelat bubuk dipasaran.Tiap merk memiliki ciri khasnya sendiri.Ada yang warnanya gelap,kemerahan atau sangat pucat.Ada juga yang dari segi aromanya lebih menonjol ketimbang merk lain.

source : tokopedia.com

2.Cooking Chocolate
Banyak jenis Cooking Chocolate, Misalnya Couverture, Compound
Couverture  teksturnya lebih lembut dan langsung lumer dilidah.Tidak heran jika harganya lebih mahal>Agar tidak melelh simpan di suhu ruang.Tiap jenis cokelat punya fungsi yang berbeda .Tapi untuk dirumah tangga lebih banyak menggunakan chocolate compound, Dark Cooking Chocolate ( Coklat yang kadar cocoanya lebih banyak),warnanya gelap dan rasanya tidak terlalu manis. Milk Cooking Chocolate ( Coklat yang kadar Cocoanya tidak terlalu banyak dan rasanya lebih manis).White Cooking Chocolate ( Coklat Putih Rasanya manis, umumnya tidak mengandung Cocoa

source:Naturalhut
3.Coklat Pasta
Teksturnya cair dengan warna cokelat pekat.Rasanya pahit, dan rasanya pahit dan menggunakan sebagai pewarna dan tambahan perasa cake dan roti.
4.Selai Cokelat.
Untuk digunakan untuk membuat Cake (dicampur adonan)topping,dicampur Buttercream dan filling dicampur dengan bahan lain atau untuk pemulas roti.
5. Coklat Butir atau Meises
Bisa dicampur dengan bahan kue , Hiasan ,Penambah rasa untuk cake, roti , martabak, donat dan es krim
6.Cokelat Chip
Untuk kualitas terbaik , pilih coklat  yang tahan panas agar tidak cepat meleleh
7. Cokelat Warna
Coklat Compound yang diberi warna, atau Cokelat putih yang diwarnai dengan pewarna coklat.

TIPS 
1.Agar lebih tahan lama, simpan cokelat dalam suhu ruang.Selain mencegahnya mudah meleleh,jika terlalu dingin sulit dilelehkan
2.Lelehkan Coklat dengan cara di tim.Jaga air jangan sampai mengenai coklat.
3.Untuk melelhkan coklat putih hanya perlu air hangat, jika terlalu panas coklat putih akan terbakar dan gosong.


Source : Tabloid Nova, dan Sensasi Cake Coklat Sedap,Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar