Rabu, 12 Agustus 2009

Cake Decorating...

Cake Decorating adalah suatu pelajaran yang dibilang sulit juga ngga,dibilang gampang juga ngga.Seperti belajar bikin kue juga seperti itu...belajar yang yang tidak ada hentinya,gagal - coba lagi,gagal -coba lagi...terus seperti itu sampai menemukan formula yang pas.
Kemarin di event Cookingpreneur saya menyempatkan diri untuk membeli buku yang sudah saya incar-incar dari dulu yaitu buku Cake Decorating terbitana Gramedia yang dikeluarkan oleh NCC.Melihat buku ini saya jadi teringat buku Cake Decorating milik Mama yang dia beli semasa saya masih kecil dulu,namanya "Tata Hias Dasar untuk Kue Tart Cara Wilton".





Dimasa saya sekarang dimana anak2 saya berumur yang sama dengan saya waktu ibu saya membeli buku ini ,saya membeli buku Cake Decorating yang saya bilang lumayan lengkap untuk saat ini. Apa yang membedakan buku baru saya dengan buku Mama saya dulu...secara garis besar buku ini menggambarkan hal-hal yang hampir sama, hanya dalam aplikasi dan alat-alat yang sudah banyak perkembangan.Seperti dalam pembuatan Bunga Mawar, dulu paku mawarnya berbentuk lempengan stainless yang rata sedangkan sekarang berbentuk mirip paku.Dulu untuk menaruh bunga mawar digunakan kertas minyak,sekarang menggunakan Waffer Cone, terkesan rapi dan bersih.Untuk spuit dulu belum ada spuit rumput...Selain itu teknik Butter Cream belum mengenal namanya Frozen Butter Cream Transfer, yaitu melukis di menggunakan BC diatas plastik mika. Begitu juga Edible Image yaitu Proses penempelan gambar yang diprint menggunakan tinta yang mengandung gula yang layak dimakan.Atau Teknik Fondant atau Royal Icing (gula halus) dan Figurine yaitu proses membentuk figur berupa manusia, binatang, atau benda-benda lainnya dengan menggunakan Fondant.
Kalau melihat itu semua rasanya perjalannnya saya masih jauh...harus banyak belajar dan terus belajar...updated perkembangan memang harus terus-menerus dilakukan. Bagaimana kalau dimulai dari latihan membuat Butter Cream sederhana...Yuks!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar