Minggu, 16 Agustus 2009

Martabak Manis Original Versus Pandan

Suami dan anakku senang sekali makan Martabak Manis...setelah coba2 dari resep yang satu ke resep yang lainnya akhirnya dapat resep yang benar2 pas. Awalnya menggunakan teflon...tetapi setelah berkali2 kok ngga serat2nya yang muncul...martabak tanpa serat lebih mirip kue apem.Akhirnya suatu hari suami beli cetakan Martabak, tentunya setelah tanya2 yang murah,maklum cetakan kue martabak kan mahal banget.
Kemudian dicobalah resep yang biasa kita buat untuk dipanggang di cetakan Martabak yang baru dan hasilnya memuaskan..sangat2 mirip...serat2 banyak dan empuk.


Kemarin untuk yang kesekian kalinya bikin Martabak Manis di rumah...tiba2 ada ide buat bikin dengan aroma yang berbeda seperti aroma Pandan,akhirnya berhasil dan terciptalah Martabak Manis Pandan kesukaan anakku...Untuk mendapatkan Martabak Manis Pandan cukup diberi tambahan 1/8 sdt essense Pandan + 2 sdm perasan air pandan dan suji dari 10 lbr suji dan 2 lbr pandan...dan harumnya mmmh....



Resep Martabak Manis

250 gr terigu serba guna
325 ml air
1 bh telur
75 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt baking powder

Untuk taburan:
1/8 sdt Soda Kue
1 sdm gula pasir untuk taburan

Untuk Polesan:
2 sdm Margarin
1 sdm Mentega
50 gr Keju Cheddar atau Meisis sesuai selera


Cara membuatnya

1.Kocok telur dan gula sampai gulanya rata.
2.Masukkan terigu,garam,baking , baking powder, dan air kocok sampai semua rata.
3.Diamkan adonan k/l 1 jam,
4.Untuk cetakan dengan diameter 18 cm adonan ini bisa jadi dua martabak, kalau diameter 26 atau besar hanya bisa jadi 1 martabak saja.
5.Sebelum memasukan adonan kedalam cetakan,tambahi 1/8 sdt Soda Kue kedalam adonan.Masukkan adonan k/l 300 ml kedalam cetakan dengan api sedang.Setelah adonan berlubang-lubang taburi dengan gula pasir.Dan ini waktunya mengecilkan api dan tutup cetakan dengan tutup panci.
6.Jika permukaan martabak sudah kering atau tidak basah lagi tandanya sudah matang.Angkat
7.Poles seluruh permukaan martabak dengan margarin, tambahi keju parut diatasnya.
8.Potong dua martabak tindih jadi satu,poles dengan margarin atau butter bagian atas martabak potong kotak sesuai selera.

Tips bikin Martabak Manis
1.Adonan harus didiamkan k/l 1 jam, jangan kurang.
2.Pengaturan api,api yang besar dapat menyebabkan martabak kurang bersarang dan cepat gosong bawahnya
3.Harus pakai cetakan asli martabak, atau pan yang tebal, berbahan dasar besi atau tembaga, Kalau pake teflon dijamin martabaknya lebih mirip pancake keras.


Selamat Mencoba dijamin naggih...gih...gih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar